Renungan Singkat untuk Semua Orang

Gambar diambil dari Pixabay

Hari ini aku mau membicarakan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Mungkin ini juga merupakan topik yang paling jarang diminati orang-orang. Tapi nggak tau kenapa hari ini aku ingin bicara tentang Tuhan, dan bagaimana tindakan Tuhan banyak membantu hidupku.

Mungkin aku jarang bicara soal hal-hal spiritual, tapi sebenarnya aku sendiri merasa nggak bisa hidup berdampingan tanpa merasakan hal spiritual, dan hal spiritual yang aku maksud di sini adalah tentang Tuhan.

Mungkin kamu punya kepercayaan tersendiri ke Tuhan, mungkin ada juga sih yang percayanya sama nasib, takdir, kekuatan dari alam, dan sebagainya. Tapi menurutku sendiri, saat kita bisa percaya bahwa ada sosok atau sesuatu hal yang bisa kendalikan hidup kita dan membawa hidup kita menuju kebaikan, saat itu hati kita akan lebih tenang.

Aku tahu, mungkin aku kelihatan seperti orang yang nggak terlalu percaya Tuhan ya. Soalnya aku banyak mengalami depresi, rasa tertekan, dan emosi negatif lainnya dan aku banyak menuliskannya juga di blog ini.

Tapi aku pun masih manusia. Memang ada momennya aku juga jadi tenggelam di dalam perasaan negatifku itu sendiri. Kadang aku juga bisa "lupa" bahwa ada sosok yang kendalikan hidupku dan bisa mengatur hidupku jadi lebih baik lagi. 

Tapi itu sih ajaibnya menurutku. Entah gimana, lewat berbagai cara, aku selalu dikasih "trigger" di sekitarku, untuk aku jadi ingat kembali, bahwa Tuhan tuh ada lho. Tuhan nggak tidur lihat kesengsaraan kita.

Tuhan mungkin lagi membiarkan kita, mengawasi kita, untuk struggle sendiri menghadapi masalah hidup. Saat itu, ada dua kemungkinan yang sedang terjadi. Pertama, Tuhan sedang latih kita untuk tetap kuat menghadapi masalah. Kedua, Tuhan itu lagi menunggu-nunggu kita berdoa dan ngobrol sama Dia. Tuhan menunggu kita datang dan minta pertolongan sama Dia.

Jadi, kalau hari-hari ini terasa berat bagimu, coba tanyakan ke diri sendiri. Apakah jangan-jangan selama ini kita terlalu menggantungkan beban ke diri sendiri (dan bukan kepada Tuhan)?

Comments

Popular Posts