Jaga Baik-Baik

Gambar oleh Ravi Roshan on Unsplash

Aku bukan jenis orang yang senang berkonfrontasi

Aku cinta damai dan semampu-mampunya akan menghindari konflik

Bagaimana pun caranya


Tapi ketika suatu hari aku melakukan konfrontasi

Ketika aku mulai berani berkata tidak

Ketika aku dengan segenap raga mempertahankan argumen yang biasanya kurelakan untuk kalah


Saat itu aku tahu aku sudah mencapai pilihan paling akhir

Itu hal terakhir yang akan kulakukan untuk membela diriku

Demi diriku


Aku tau prosesnya nggak akan enak atau nyaman

Aku pasti tertekan karena nggak pernah suka ketika tidak disukai orang

Tapi katanya kita harus berani untuk tidak disukai orang lain, kan?


Aku hanya mengulang kalimat itu sebagai mantra tiap hari

Mungkin kamu juga memerlukannya

Apa pun itu, tetap jaga dirimu baik-baik

Mentalmu, terutama.

Comments

Popular Posts