Self-Discovery Journal - Part I

Gambar diambil dari sini.

Halo semua. Selamat tahun baru 2021!

Ini adalah postingan pertamaku di tahun ini, jadi kurasa masih afdol untuk mengucapkan selamat tahun baru meski sudah terlambat hampir tiga minggu, hehe.

Kali ini aku mau membuat postingan journaling. Maksudnya adalah, aku akan melakukan journaling dalam bentuk digital.

Kebetulan kemarin ketemu list pertanyaan menarik di Pinterest, pertanyaan-pertanyaan untuk mengenali diri kita sendiri. Makanya judul dari postingan ini adalah self-discovery journal. Kenapa pakai part-part segala, karena aku tahu ini pasti akan jadi lebih dari satu part dan elaborasi jawabannya bisa panjang. 

Sebelumnya, aku minta maaf kalau ternyata journaling bukanlah tulisan yang kalian harapkan dari blog ini. Tapi, mulai dari tahun ini aku memang akan menjadikan blog ini sebagai digital journal-ku. Jadi, ada banyak hal-hal personal tentang aku yang akan kutulis secara terang-terangan di sini, tanpa ada unsur hiburan, edukasi, atau motivasi sama sekali, hehe. 

Tapi semoga kalian tetap bisa terinspirasi, dan kalian juga bisa mencoba jawab pertanyaan ini sama-sama, ya.

Yuk, kita mulai.

 

1. Apa ketakutan terbesarmu ketika masih muda?

Well, bukannya geer ya, tapi saat ini aku juga masih belum merasa tua banget. Jadi mungkin aku akan menjawab pertanyaan ini ketika aku masih remaja, gitu ya. Biar fair aja gitu hehe.

Nah, waktu aku ada di usia sekolah (SMP, SMA, dan kuliah S1), jujur aku takut banget kehilangan temen deket atau sahabat aku. Lebay banget kan wkwkwk. Jadi, di sekolahku itu, tiap tahun saat naik kelas kan pasti muridnya beda-beda, tuh. Biasanya kalau ada temen yang udah deket di kelas yang sekarang, pasti nantinya di tahun depan nggak akan sekelas. Pasti tercerai-berai, gatau kenapa. Guru-guru mungkin mengurangi tingkat terbentuknya gang gitu kali, ya. Jadilah tiap tahun sobat dekatku beda-beda. 

Tiap naik kelas, aku pasti galau, karena harus beradaptasi lagi dengan lingkungan yang baru. Galaunya itu udah kayak orang patah hati, asli. Wkwkwkwk. Aku galau karena ketemu temen yang udah cocok tuh susah. Jadi ketika tahun depan harus mulai lagi dari nol, cari temen lagi, kenalan lagi, beradaptasi lagi, aku suka emosional, hahaha. Membayangkan nggak akan ketemu temen sebaik ini lagi, dan harus cari lagi temen baru yang aku gatau bakalan baik atau nggak ke aku, itu lumayan bikin stressed sih buat introvert  kayak aku.

Hari pertama tahun ajaran baru itu selalu mendebarkan karena terus mikir, "Aku dapet temen yang asyik nggak ya?" Tiap tahun ajaran baru juga, aku pasti usahain untuk dateng pagi ke kelas. Biar bisa tag tempat duduk yang enak duluan. Terus ya siapa pun yang duduk di sebelahku, aku pasrah deh. Tapi puji Tuhan, selama ini temen yang duduk di sebelahku selalu temen yang baik-baik. :D 

Kalau sekarang saat udah gede, aku udah rada selow karena sahabat udah terbentuk dengan sendirinya. Meski jarang ketemu, masih tetep sering update-update kabar. Jadi, perpisahan di dunia nyata udah nggak sebegitu mengerikannya. Apalagi sekarang udah ada sosmed yang bikin kita terkoneksi dengan mudah dengan temen-temen. Thanks to technology.


2. Apa kegiatan yang paling bikin bahagia waktu kecil?

Waktu aku kecil banget, aku suka main mainan anak-anak yang ada di mall-mall, gitu. Tiap kali mau dibawa pulang, pasti susah banget karena aku suka tantrum kalau tau mau dibawa pulang. Rasanya nggak puas-puas gitu mainnya. Hahaha. Tapi aku udah nggak terlalu inget rasa happy-nya pas lagi main sih, tapi kalo rasa keselnya pas dibawa pulang, entah kenapa aku inget, WKWKWKWK. 

Pas udah rada gedean, hal paling bikin bahagia itu waktu diajak ke toko buku. Berhubung aku ini kutu buku dari kecil, ya pas zaman itu happy-nya waktu bisa beli buku. Mungkin aneh ya, tapi begitu melangkahkan kaki ke dalem dan bisa nyium aroma buku, kayak gitu aja udah happy. Terus, dulu tuh meski aku udah tau mau beli buku apa, aku tetep akan puterin satu toko buku untuk lihat-lihat sinopsis atau intip isi bukunya juga sesekali.

Sumpah deh, dulu aku punya cita-cita, kalo tajir, aku akan masuk toko buku dan beli semua buku yang aku mau tanpa liat harga lagi, >.< Cita-citaku yang lain sejak SMP, yaitu suatu saat nanti mau punya ruangan perpustakaan pribadi. Doakan berhasil, yaa.


3. Apa cita-cita sewaktu kecil?

Dulu sih sempat berubah-ubah cita-citanya. Pertama, mau jadi dokter karena diarahkan orangtua. Kedua, mau jadi komikus karena seneng baca komik pas SD. Ketiga, mau jadi ilmuwan kayak Ai Haibara di Detektif Conan. Keempat, mau jadi detektif kayak Conan. Kelima, mau jadi sutradara kayak salah satu tokoh di komik Conan. Keenam, mau jadi polwan kayak polisi Miwako Sato di komik Conan. Pernah juga mau jadi agen FBI gara-gara Conan. Emang Conan racun banget sih dari dulu, hahaha. Terakhir cita-cita waktu kecil dan yang paling nggak masuk akal adalah....jadi hunter. HAHAHAHA. Gara-gara apa tau, kan? Anime Hunter x Hunter, kacau banget sih itu, profesi paling halu yang aku pernah pikirin. 

Pas udah gede, akhirnya jadi psikolog, wkwkwkwk.


4. Apa memori tersedih waktu masih kecil?

Hmm, kalau pas kecil banget udah nggak terlalu inget, mungkin momen pulang dari mall itu ya. Tapi kalau waktu kelas 6 SD emang pernah sedih banget karena aku punya 2 sahabat deket dan dua-duanya pindah sekolah pas SMP. Bayangin, bukan pisah kelas lagi, tapi pisah sekolah. Hahaha.

Selain itu pernah sih punya memori yang kurang enak. Bukan sedih sih, tapi tertekan aja. Waktu aku dirayain ulang tahunnya yang ke-9. Waktu itu mamiku undang saudara, keluarga, tetangga untuk dateng. Banyak banget weh orangnya. Anak-anaknya aja sampe 50an kali. Pening kepalaku langsung. Seharian itu, aku harus pake dress, pake wig yang berat (ini wig mamiku sebenernya tapi gatau kenapa aku yang disuruh pake T.T), duduk di depan ditontonin semua yang hadir, dan harus sambut temen yang dateng. Tiap ada yang dateng aku ambilin kadonya, diucapin selamat, terus duduk lagi. Capek, kak. Untung sekali doang punya momen begitu :)


5. Apa memori ter-happy waktu masih kecil?

I guess toko buku ya. Nggak ada yang seru-seru lagi kayaknya. Buku itu udah paling seru, hehe.


6. Deskripsikan dirimu dengan 10 kata!

Pendiam, jaim, moody, clumsy, procrastinator, ambisius (untuk hal yang emang pengen dituju), penurut, empatik, resilient, forgiving, clever

Lebihin satu gapapa ya, hehe.


Segitu dulu untuk journaling hari ini. Ayo, kalian juga jawab. Sampai jumpa di journaling selanjutnya. :D

Comments

Popular Posts