[Earth Exploration] Seoul Trip Preparation

Image result for seoul
Gambar diambil dari sini.

Ada segelintir teman-teman yang nanya, apakah aku ke Korea pakai tur atau jalan sendiri. Jawabannya: jalan sendiri! Selain karena lebih murah, jalan sendiri memungkinkan aku untuk arrange trip-nya sesuai preferensi aku. Dan juga, trip yang jalan sendiri kayak gini (atau semi backpacking lah ya namanya, meski geret-geret koper juga sih) bikin kita bisa berinteraksi langsung sama orang lokal dan langsung bersinggungan sama kehidupan keseharian mereka.

Syarat yang harus dimiliki supaya backpacking-nya sukses adalah RISET MATI-MATIAN. Baca sebanyak-banyaknya informasi apa pun tentang Korea, pokoknya. Aku pribadi merasa riset sebelum berangkat itu sangat berguna, karena aku memang terhitung sangat jarang pergi ke luar negeri. Dan aku BELUM PERNAH pergi ke negara lain yang jaraknya sampai memakan waktu tujuh-delapan jam perjalanan kayak gini. So yea, early research will help you a lot.

Nah, di postingan ini aku mau share tentang apa aja yang paling penting yang aku persiapkan untuk Seoul Trip ini. Aku juga akan share beberapa kebodohan yang sempat aku lakukan supaya kalian nggak terjebak dalam situasi merugikan yang sama. :)

Budgeting
Hal paling pertama yang aku lakukan untuk merancang Seoul Trip ini adalah memperhitungkan berapa Rupiah yang aku bisa spend. Kemarin aku bikin list hal apa aja yang aku butuhkan dalam trip ini (pesawat, akomodasi, wisata, makan, internet, dll) dan aku bikin budget untuk tiap poin secara detil. Untuk hal ginian di internet udah banyak banget kok guys. Tapi just in case you wanna know mine, di next post mungkin aku akan share itinerary aku dan break down biaya untuk tiap poin.

Tiket Pesawat
Selanjutnya langkah pertama yang harus dilakukan adalah cari tiket pesawat dulu, maka segala-galanya akan ngikutin ke belakang. Bisa dibilang tiket pesawat adalah langkah pertama. Cari tiket pesawat nggak susah amat sih. Cara paling gampang ya tinggal cek aja maskapai-maskapai yang sering kasih promo. Atau coba cek di skyscanner. Kemarin aku dapet yang IDR 4,500,000 bolak balik untuk per orangnya dengan maskapai AirAsia (transit). Sebetulnya ini masih termasuk lumayan mahal soalnya aku belinya lumayan mendadak. Tapi kalo kalian getol nyari tiket promo atau datengin Travel Fair, harusnya bisa dapet price yang lebih murah.

Destinasi Traveling
Setelah tiket dibeli, kalian udah mulai bisa memperkirakan dalam waktu sekian hari kalian mau datengin destinasi apa aja di Korea. Yang paling penting di sini ya kalian tentukan lah tujuan traveling-nya mau lebih fokus ke apanya, bisa kuliner-nya, tempat shopping-nya, tempat bersejarahnya, atau mau ke tempat instagrammable. Mau semuanya juga oke, asal waktu dan uangnya memungkinkan. Tapi kalau tujuan perjalanannya difokuskan, kalian juga bisa lebih hemat pengeluaran. 

Destinasi Wisata
Pada tahap ini kalian udah harus mulai menentukan dengan detil tempat wisata mana aja yang mau didatengin, termasuk tempat makan yang kalian targetin. Kalau nggak tau referensi tempat wisata / kuliner yang bagus, once again, di internet udah banyak. Carilah blog-blog-nya para food / travel blogger / vlogger macem anakjajan, eatandtreats, ladyironchef, Ria SW, dan lain-lain. Oh ya, dan pada saat mencari destinasi wisata, carilah info sedetil-detilnya mulai dari lokasi, menu, harga, jam buka, dan ke sananya naik apa. Jadi di sini itinerary sudah bisa mulai dibuat. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah carilah destinasi wisata yang berdekatan dalam satu hari, jangan sampai malah habis waktu di perjalanan. 

Akomodasi
Kalau semua destinasi wisata sudah fix, kalian udah bisa cari-cari lokasi penginapan. Dan akan lebih baik kalau lokasi penginapannya strategis dengan tempat-tempat yang mau kalian kunjungi. Dan jauh lebih baik lagi, bahkan wajib, punya tempat menginap yang dekat dengan bus stop atau subway. Your life will be so much easier. Khusus untuk penginapan aku dapet yang harganya IDR 300,000 per orang per malam. Dan menurut aku ini udah lumayan murah dan tempatnya bagus. Di AirBnB pilihannya ada banyak banget, silakan cari sendiri deh yang sesuai sama preferensi kalian.

Transportasi
Pikirkan juga moda transportasi yang mau kalian gunakan selama di sana. Aku sendiri di sana lebih sering naik subway sih, soalnya lebih efisien dan murah juga. Kalau kalian juga berminat bepergian naik subway selama di sana, kalian harus punya T-Money. Ini semacam kartu buat naik kereta gitu loh, sama lah kayak di sini. T-Money ini bisa dibeli di berbagai mini market 7-Eleven dan CU. Kalau aku kemarin langsung purchase di CU Bandara Incheon. Dan pada saat kalian beli, biasanya balance-nya masih 0 jadi kalian harus minta di-top up dulu saldonya. By the way, rata-rata kalau kalian naik subway sekali jalan itu sekitar 1,250 Won. Aku sekali top up langsung 15,000 Won, untuk jaga-jaga. Karena kalau saldo kalian masih kelebihan, khusus untuk T-Money yang dibeli di 7-Eleven / CU, nanti bisa direfund di 7-Eleven / CU mana aja di sana.
N.B. : Untuk peta rute subway kalian bisa lihat di sini.

Internet
Percayalah meski kalian nggak suka pamer-pamer acara jalan-jalan kalian di medsos, punya internet di sana akan sungguh sangat berguna, khususnya buat cari jalan (meski anehnya di sana GPS-ku kadang nyala kadang mati sih). Sebenernya di sana juga ada banyak wifi free sih tapi untuk jaga-jaga aja kalau sinyalnya jelek atau kalau kalian berada di area yang nggak ada free wifi. Untuk internet kalian bisa beli SIM card Korea atau sewa pocket wifi yang langsung bisa diambil di bandara Incheon. Seingetku aku akhirnya sewa pocket wifi selama di sana karena jadinya lebih murah. Aku sewa dengan harga IDR 156,000, unlimited untuk 4 hari. Murah? Aku book wifi-nya di klook.com. :)

Visa
Aku bahas visa baru belakangan bukan karena ini nggak penting, tapi karena single visa Korea yang cuma berlaku 90 hari memang sebaiknya diurus sekitar sebulan atau dua bulan sebelum keberangkatan aja. Untuk pengurusan visa Korea nggak ada interview. Kalian cukup mengumpulkan berkas yang diminta aja. Kelengkapan berkasnya bisa dicek di website overseas.mofa.go.kr 
Aku sengaja nggak cantumkan apa aja persyaratannya di sini karena persyaratan bisa berubah sewaktu-waktu. Harga pembuatan single visa 90 hari sampai hari ini adalah IDR 544,000 per orang.

Korean Won
Another important thing to do! Jangan lupa tukar uang ke money changer, ya. Sebetulnya kalian nggak perlu tukar semua budget selama di Korea sekaligus. Kalian bisa kok pakai Debit Card yang ada logo mastercard atau visa-nya. Untuk jaga-jaga coba kalian telepon ke bank terkait ya untuk konfirmasi. Ini saran dari temenku, kalau bisa pakai Debit Card pakailah Debit Card untuk pembayaran di sana, karena kalau pakai Debit Card, saldo langsung terpotong sesuai kurs hari itu. Lebih mending kan, daripada kalian tukar uang di money changer yang rate kurs-nya diuntungin. ;p Tapi kalau mau tukar uang di money changer katanya rate kurs paling murah se-Jakarta itu ada di VIP Menteng. Tapi kalian baiknya telepon dulu ke sana untuk memastikan apakah mata uang yang kalian mau tukar tersedia / tidak. Soalnya kalau ternyata mata uang-nya lagi habis dan mereka jual mata uang cadangan mereka sendiri, rate kurs nya bisa jadi lebih mahal jauh guys.

Other Info
Sebelum berangkat ada baiknya kalian cari tahu segala macem hal remeh temeh tapi amatlah penting terkait negara yang kalian kunjungi. Misalnya jenis colokan charger yang bisa dipakai di sana, perbedaan jam dengan Indonesia, atau budaya lokalnya gimana.

Korean Phrases
Meski di sana banyak anak muda yang udah cukup paham bahasa Inggris, nggak ada salahnya kalau kalian belajar beberapa frasa dalam bahasa Korea, ya biar lebih akrab gitu lho, dan lebih terasa dihargai. Sama aja kalau ada orang luar negeri yang berusaha bilang terima kasih sama kita dalam bahasa Indonesia, kita jadi lebih merasa ter-apresiasi, ya, nggak? Hehe. Aku sendiri juga cuma tahu kamsahamnida (terima kasih) dan annyeong haseyo (halo apa kabar) but that's okay. Aku selalu bilang kamsamhamnida tiap kali nanya jalan atau bayar sesuatu ke orang lain dan annyeong haseyo tiap kali menyapa orang lain.

Stamina
Yang namanya jalan backpacking, pastinya bakal banyak jalan kaki. Meski penginapan kalian ada di dekat subway, tapi effort tetap diperlukan untuk jalan kaki ke subway-nya. Belum lagi subway-nya itu cukup luas dan karena kalian turis, nggak ada jaminan kalau kalian nggak akan nyasar di sana. Berdasarkan pengalamanku selama di sana, dalam satu hari aja kalian bisa berjalan sebanyak minimal 10,000 langkah. Itu minimal lho ya. Jadi siap-siap aja. Kalau perlu doping vitamin saat sebelum keberangkatan dan selama di sana supaya nggak sakit.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang aku lakukan untuk merencanakan Seoul Trip ini. Now, I'm gonna share some mistakes I did before and during the trip.

  1. Catatan pertama yang aku buat untuk diri sendiri adalah, perjalanan ini sangat nggak cocok untuk orangtua. Mamaku adalah salah satu mama-mama yang cukup kuat secara fisik dibandingkan dengan wanita-wanita seusia dia, dan dia masih capek juga untuk ngikutin semua itinerary-nya. Apalagi kalau kalian sering bepergian dengan subway yang mana akan ada banyak anak tangga untuk didaki. It becomes a note to myself, bahwa lain kali aku akan pakai tur kalau pergi sama orangtua. 
  2. Karena ini pertama kalinya aku berangkat ke luar negeri setelah sekian lama, dan pertama kalinya juga urus semuanya sendiri, aku nggak tau dan nggak ngeh kalau perfume dan cairan wewangian lebih dari 100ml itu nggak diperbolehkan sama imigrasi Soetta, kecuali kalau kalian masukin perfume-nya ke bagasi. Kemarin adikku sih udah kena dua kali, perfume sama toner-nya disita sama imigrasi Soetta. And by the way, kalau di Korea ketentuan maksimum perfume-nya adalah 60ml. Tapi begitu sampai Incheon sih imigrasi-nya udah nggak meriksa tas kita lagi.
  3. Bagi kalian yang sengaja untuk irit sehingga memutuskan untuk nggak membeli banyak bagasi, sebaiknya tetap prepare tas-tas tenteng kecil yang bisa dipakai untuk situasi darurat. Situasi darurat yang kumaksud di sini adalah kalau tetiba di sana mau borong skincare yang banyak banget (karena asli murah banget di sana), atau mau beli oleh-oleh buat sekampung, atau mendadak punya ilham buat buka jastip, tas-tas ini bakal berguna. Karena bagasi yang nggak di-prepare dengan baik sebelumnya bakal berakhir menyedihkan. Untuk maskapai AirAsia kemarin, pembelian bagasi on the spot minimum harus 15 kg dengan harga sekitar IDR 1,500,000. Mahal kan? Jadi jangan khilaf dan persiapkanlah dengan benar.
  4. Kesalahan lainnya yang aku lakukan kemarin adalah nggak memesan tempat penginapan di area Myeongdong. Aku pesan guest house di area Insadong tapi setiap malam aku main ke Myeongdong. Sungguh sayang aja sih, baik dari sisi waktu dan biaya transportasinya. Jadi pastikan kalian memahami dengan baik tujuan wisata kalian apa, ya.
  5. Kalau tujuan wisata kalian adalah untuk belanja, pastikan kalian tau di mana tempat belanja murah. Myongdong sejujurnya cukup mahal karena ada banyak turis keliaran di sana. Ini info dari temenku, kalau kalian mau cari yang murah, carilah yang di sekitaran universitas, karena biasanya harganya juga disesuaikan untuk mahasiswa.
  6. Kita perlu memperhatikan pada musim apa kita berangkat ke sana, tapi kita juga perlu mengingat bahwa cuaca hari-hari ini amat sangat tidak bisa diprediksi layaknya hati perempuan yang lagi PMS. Kalau kalian pergi di musim panas seperti aku kemarin, pastikan juga kalian tetap membawa payung dan jaket, karena hujan di musim panas memang bukan mitos belaka. 
  7. Perkirakan pemakaian uang cash kalian dengan baik. Sebisa mungkin gunakan card jika memang bisa. Karena waktu kehabisan uang cash di sana dan saat nggak bisa menemukan 7-Eleven yang ada ATM-nya, mau nggak mau aku harus tukar uang di money changer Myeongdong, and again, ngambil untung-nya nggak kira-kira. Aku kena IDR 260,000 hanya untuk jasa penukaran mata uang, hehe. Oh ya, waktu itu aku nggak bisa tukar Rupiah di situ. Dia cuma terima mata uang yang sering dipakai turis, misalnya USD, SGD, RMB, Yen, dan lain-lain. Jadi sebisa mungkin nggak usah ke money changer di sana. Kalau memang kepepet, usahakanlah cari ATM yang bisa dipakai secara internasional.

Oke, itu tadi keseluruhan persiapan trip ini. I hope you guys find it helpful. And if you have questions, do not hesitate to ask. Selamat mempersiapkan trip kalian! :)

Comments

Popular Posts